Kamis, 23 Februari 2012

Jenis-Jenis Record DNS

Pada postingan artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis record DNS yang paling umum dan perlu di ketahui oleh kalian semua yang memang berkecimpung di dunia blogger atau dunia online lainya yang berhubungan dengan DNS.
Sebelum lanjut ke jenis-jenis record Dns ada baiknya kita mengetahui dulu sedikit gambaran penjelasan tentang apa itu DNS? Mungkin anda bertanya, jika DNS adalah kumpulan data maka seperti apakah data DNS itu? Seperti pada buku data nomor telepone yang menyimpan beragam catatan tentang daftar pelaku bisnis, nomor telepone rumah, dan kantor. Maka DNS juga menyimpan beberapa tipe data yang berbeda.
Setiap nama domain akan menyimpan data-data DNS dalam bentuk file yang disebut juga DNS Zone. File DNS Zone ini diletakkan pada server-server DNS yang ditunjuk sebagai server DNS primer dan DNS secunder untuk nama domain tersebut. File DNS Zone milik anda umumnya berisi jenis-jenis record berikut ini:
1.     NS (Name Server): Record ini menjelaskan server DNS mana saja yang bertanggung jawab untuk suatu nama domain.
2.     A (Address): Digunakan untuk memasangkan secara langsung antara nama domain dengan alamat IP maupun nama subdomain dengan alamat IP.
3.     MX (Mail Exchanger): Menjelaskan nama server email yang bertanggung jawab untuk suatu nama domain sehinggaemail yang ditujukan untuk suatu domain akan diarahkan ke server email yang tercatat dalam record MX ini.
4.     CNAME (Canonical Names atau Alias): Untuk menentukan nama domain atau subdomain tertentu sebagai alias dari subdomain lainnya.
5.     PTR (Pointer): Bertanggung jawab menerjemahkan dari alamat IP ke nama domain atau dari alamat IP ke nama subdomain (kebalikan dari record A). Karena tugas dari record ini adalah mengembalikan alamat IP ke nama domain atau subdomain, maka record ini juga sering disebut reserve DNS.
6.     TXT (Text): Record ini dahulu sangat jarang digunakan namun dewasa ini sangat populer digunakan untuk menerapkan perlindugan SPF (Sender Policy Framework) pada suatu nama domain. SPF adalah salah satu cara yang digunakan untuk pemalsuan pengirim email.
 Demikianlah artikel pendek mengenai jenis-jenis record DNS yang perlu di ketahui, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi tema-teman semua. Salam sukses

0 Responses to “Jenis-Jenis Record DNS”

Posting Komentar

More