Selasa, 14 Februari 2012

Cara Membuat Subdomain

Apa itu Subdomain?
Oke, Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat subdomain, sebelum lanjut ke inti dari artikel ini, sebelumnya saya akan menjelaskan sekilas tentang apa itu subdomain? Subdomain itu bisa di katakan anak kategori dari domain inti kita, yang nantinya subdomain itu akan menunjukan halaman yang udah seeting sama kita. Contoh nama domainya adalah domainsaya.com, terus kita ingin menggunakan subdomain dengan menggunakan nama “support” sebagai awalan. Maka jadinya akan menjadi support.domainsaya.com.
Tentukan subdomain untuk URL pada bagian apa saja dalam situs anda. Anda bisa menggunakan nama awalan apapun yang anda inginkan. Biar jelas mari lihat bagaimana tahapan cara membuat subdomain
Membuat Subdomain
Tahapan
  1. Masukkan nama awalan yang anda inginkan sebagai nama subdomain pada kotak isian “Subomain Name”. Pada contoh ini (support.domainsaya.com) kita akan memasukkan “support” sebagai awalan “Subdomain”.
  2. Saat anda menempatkan kursor pada kotak isian “Document Root”, akan terisi otomatis lokasi subdomain anda. cPanel® akan secara otomatis mengisi awalan yang anda isi pada tahap 1 di atas dan menambahkannya pada lokasi direktori. Pada contoh ini akan terisi dengan “public_html/support”.
    Anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan atau keinginan anda, tapi secara umum isian otomatis ini akan bisa berfungsi.
  3. Jika bagian atas sudah dilengkapi, kemudian klik tombol Create.
  4. Maka Tampilan selanjutnya akan menunjukkan bahwa subdomain anda sudah berhasil dibuat. Klik Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.
  5. Saat kemudian halaman berubah, akan terlihat tabel dengan subdomain yang baru anda buat yang berisi informasi berikut:
1.    Subdomains – Berisi nama awalan yang anda buat pada tahap 1 di atas.
2.    Root Domain – Merupakan domain utama yang anda buat subdomainnya.
3.    Document Root – Merupakan direktori induk (“Document Root”) yang anda buat pada tahap 2.
4.    Redirection – Jika anda membuat pengalihan untuk subdomain ini, kolom ini berisi “redirected to LOKASI_YANG_ANDA_ISI”.
5.    Actions – berisi pilihan berikut
      • Manage Redirection – pilih opsi ini untuk mengelola pengalihan subdomain.
      • Remove – pilih ini untuk menghapus subdomain secara permanen.

Selamat mencoba! Salam Sukses













0 Responses to “Cara Membuat Subdomain”

Posting Komentar

More