Minggu, 19 Februari 2012

Addon Domain (DOMAIN TAMBAHAN)

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Apa itu addon domain? Domain Tambahan (Addon Domains) mirip dengan subdomain, dan cara pembuatannya pun sama. Sebuah domain tambahan memiliki lokasi direktorinya sendiri, dimana dalam direktori tersebut bisa dimasukkan file-file, gambar, dokumen dan lainnya yang bisa diakses dengan nama domain yang berbeda dengan akun utama anda. Seperti memiliki situs yang berbeda sama sekali, tetapi masih dalam akun anda. Ini memudahkan anda mengelola domain tambahan ini dengan mengintegrasikannya dalam akun utama hosting anda.
Jika anda menambahkan satu domain tambahan, anda bisa menggunakan salah satusubdomain yang sudah ada dengan mengarahkan direktori (root directory) ini untuk domain tersebut sama dengan lokasi subdomain yang ada.
Membuat Domain Tambahan                                          
Tahapan
  1. Masukkan nama domain sebagai domain tambahan pada kotak isian “NewDomain Name”.
  2. Saat anda menempatkan kursor pada kotak isian “Subdomain/Ftp Username”,cPanel® akan secara otomatis mengisi “username” dan “Document Root home”. Anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan atau keinginan anda, tapi secara umum isian otomatis ini akan bisa berfungsi.
  3. Masukkan password pada kotak isian “Password”, isi password ini bisa apa saja dan tidak harus password yang sudah ada.
  4. Klik tombol Add Domain!.
Pembuatan domain tambahan ini akan memakan waktu beberapa detik sampai beberapa menit. Mohon bersabar dan jangan mengklik apapun saat sistem bekerja. Dan pastikan domain yang akan ditambahkan di sini sudah menggunakan nameserver kami. Informasi nameserver bisa dilihat pada Email Aktivasi hosting anda.
  1. Kemudian akan muncul “DOMAIN_TAMBAHAN has been created!” Halaman ini juga menampilkan tautan ke File Manager untuk mengelola file pada domaintambahan baru ini. Untuk informasi lebh lanjut tentang File Manager, silakan  Menggunakan File Manager, atau anda juga bisa klik tombol Go Back untuk melihat informasi domain tambahan (Lanjutkan ke tahap 6 untuk informasi selengkapnya).
  2. Saat kemudian halaman berubah, akan terlihat tabel dengan domain tambahan yang baru anda buat yang berisi informasi berikut:
    • Addon Domains – Berisi domain tambahan yang anda buat pada tahap 1 di atas.
    • Document Root – Merupakan direktori induk (“Document Root”) yang anda buat pada tahap 2.
    • Username – Nama user yang anda buat pada tahap 3, nama user ini bisa digunakan untuk login FTP ke direktori pada “Document Root” di atas.
    • Redirection – Jika anda membuat pengalihan untuk domain tambahan ini, kolom ini berisi “redirected to LOKASI_YANG_ANDA_ISI”.
    • Actions – berisi pilihan berikut
      • Manage Redirection – pilih opsi ini untuk mengelola pengalihandomain tambahan.
      • Remove – pilih ini untuk menghapus domain tambahan secara permanen.

0 Responses to “Addon Domain (DOMAIN TAMBAHAN)”

Posting Komentar

More